Minggu, 25 Maret 2012

BunGa RosEla, Pernah Dengar????

Nah... Pernah dengarkah kalian apa itu bunga Rosela??? pertama kali aku tau, adalah pada saat temanku menyebut namanya... itupun setelah dia mengaitkannya dengan Namaku "Rose"... jika dulu aku sering kali menjadikan mawar sebagai icon namaku.. setelah tau tentang bunga yang satu ini... rasanya akan bertambah icon yang ke depannya akan sering aku gunakan...

awalnya karena tak tau apa itu bunga Rosela, bertanya kepada sang teman pun, aku malah disuruh mencarinya sendiri.. kurang ajar benar dia... aku mulai melakukan "searching" melalui Omku "Google"... nah akan aku bagi karena aku tidak seperti temanku yang amad sangat pelit informasi itu... wkwkwkwk...



Rosela,[1] rosella, asam paya[2], asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

Bunga yang cantik kan??? seperti bunga plastik... dan bukan cuma cantik saja.. namun juga bermanfaat... semoga bisa nular ke aku.. wkwkwkwk.. ngarep.com (jadi cantik + bermanfaat)


Dari segi kesehatan, ternyata Rosela mempunyai manfaat untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela Merah berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar.

Kelopak bunga Rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirup dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosela Merah. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium.



Klasifikasi manfaat

Manfaat kelopak bunga Roselle

� Dapat mengurangi kepekatan/kekentalan darah
� Membantu proses pencernaan
� Mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal
� Penyaring racun pada tubuh
� Mencegah kekurangan Vitamin C
� Melancarkan peredaran darah
� Melancarkan buang air besar
� Menurunkan kadar penyerapan alkohol
� Penahan kekejangan

Penyakit yang dapat diobati :
 
� Kanker
� Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )
� Batu Ginjal
� Batuk
� Lemah syahwat
� Lesu
� Demam
� Tekanan Perasaan
� Gusi berdarah
� Penyakit kulit
� Gigitan Serangga
� Luka
� Kurang darah


Nah... untuk lebih jelasnya kalian masih bisa searching kok... kalo mungkin awalnya aku tertarik ma bunga ne karena namanya... maka sekarang aku makin tertarik karena khasiatnya... sungguh ALLAH maha besar... Ciptaannya selalu mempunyai tujuan untuk diciptakan....


3 komentar:

  1. wew, baru tau juga, di indonesia ada gak tuh mba, baru liat deh :D

    BalasHapus
  2. udah pernah lihat tapi blom prnh minum tehnya.

    BalasHapus